Selasa, 19 Juni 2012

Menginstal Font Menggunakan Font Navigator

Dalam setiap instalasi CorelDraw, selalu ada software bawaan khusus untuk mengelola dan menginstal/memasang font dengan mudah yang dinamai Font Navigator. Software Font Navigator ini tidak hanya memudahkan kita untuk menginstal font namun kita dapat dengan mudah membuat katalog font, mempelajari setiap bentuk font, dan tentunya lebih menghemat waktu. Kita tidak perlu lagi menyalin/copy font ke dalam folder Font yang ada di Windows. Dengan Font Navigator, font yang hendak kita pasang bisa ditaruh ke dalam sebuah folder tersendiri dan ditaruh di partisi lain agar pembacaan font lebih cepat karena biasanya seorang desainer memiliki koleksi ribuan font yang terpasang di komputernya. Hal ini juga membuat kita tidak kerepotan apabila Windows bermasalah dan harus di reinstall.
Baiklah, bila kita memiliki banyak font, ada baiknya kita taruh font-font tersebut ke dalam sebuah folder tersendiri, lalu kita pasang dengan menggunakan Font Navigator dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Kita buka dulu Font Navigatornya.
Menginstal-font-dengan-Font-Navigator
Font Navigator
Buka Menu - Find Fonts
Menu » Find Fonds
Menu » Find Fonds
Terbuka jendela Find Fonts, lalu kita centang folder yang berisi font tadi, jangan lupa centang juga pada bagian include subfolder.
Find Fonts
Find Fonts
Lalu klik OK, dan Font Navigator akan mengindex seluruh font yang ada dalam folder tersebut beserta sub-foldernya.
Setelah selesai, pada bagian index font sebelah kiri, kita klik kanan dan Select All Fonts.
Menginstal-font-dengan-Font-Navigator
Menginstal-font-dengan-Font-Navigator
Tinggal kita klik kanan dan Install Fonts.
Menginstal-font-dengan-Font-Navigator
Menginstal-font-dengan-Font-Navigator
Cukup mudah bukan ? Cara ini memang memudahkan kita untuk memasang font dalam skala besar. Kalau kita pakai Windows 7, memasang font bisa juga dengan klik kanan fontnya lalu Install.
Masih banyak software lain untuk mengelola dan menginstal font, tapi klo sudah ada software bawaan CorelDraw, kenapa harus mencari yang lain :)
Sekian dulu tutorial CorelDraw menginstal font menggunakan Font Navigator, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar